Dunia teknologi saat ini sedang diramaikan dengan ponsel-ponsel yang mengusung Sistem Operasi Android. Tapi bagaimana jika ponsel tersebut masih menggunakan Android versi yang lama? Padahal saat ini sudah tersedia versi Android yang lebih baru, misalnya Android Froyo. Kenapa harus diupgrade? Ya tentu saja untuk mendapatkan kelebihan dari aplikasi dan feature dari Android yang baru daripada yang lama. Apakah ponsel yang memakai OS Android lama bisa diupgrade ke versi Froyo?


Jawabannya bisa!
Tapi tidak semua bisa, hal ini dapat dilakukan jika vendor ponsel terkait sudah menyediakan feature/aplikasi untuk upgrade. Sepertinya seperti itu, tapi yang jelas prosesnya tidak sulit untuk upgrade ke Android Froyo.

Salah satu ponsel yang dapat diupgrade ke Android Froyo adalah HTC Desire, untuk wilayah Amerika, upgrade Android Froyo untuk HTC Desire sudah dirilis bulan Agustus yang lalu. Terus, bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Periksa update terbaru
Pengguna dapat memeriksa terlebih dahulu update apa saja yang telah disiapkan oleh HTC. Untuk melakukan tersebut hanya perlu menuju ke menu Setting, kemudian About Phone lalu merujuk ke System Sotfware Updates. Tunggu sesaat, maka ponsel akan memeriksa update terkini.

2. Backup file
Seluruh file instalasi, daftar kontak dan file-file yang berada di internal memori sebaiknya dibuat backup terlebih dahulu. Karena, dengan berganti sistem operasi maka, data-data tersebut akan hilang/dihapus. Untuk daftar kontak misalnya, pengguna dapat mensinkronisasi pada akun google.

3. Siapkan Ruang yang Longgar di SD Card
Sebelum melakukan update terbaru, sebaiknya sediakan ruang penyimpanan yang cukup pada eksternal memori yang digunakan. Pasalnya, setiap file yang akan didownload akan terlebih dahulu disimpan pada SD card yang tersedia.

4. Gunakan Koneksi yang Lancar
Ini merupakan hal yang penting untu poroses ini. Setelah memeriksa update terkini dari server HTC. Pengguna akan diminta untuk mendownload beberapa file terlebih dahulu sebelum beralih ke Froyo. Setelah langkah di atas sudah selesai, ponsel siap untuk melakukan upgrade system operasi.

Berhubung ukuran file yang akan didownload terbilang cukup besar yaitu sekitar 90MB, maka koneksi yang lancar sangat dibutuhkan disini. Sebaiknya menggunakan koneksi seperti Wi-Fi, agar proses downloadnya tidak terganggu.

Setelah seluruh proses donwload selesai, bersiap-siaplah untuk menikmati aplikasi dari Android Froyo. Tunggu beberapa saat, maka ponsel akan melakukan installasi secara otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar