Cara Membuat/Memasang Widget Top Komentator Berbentuk Cloud

Widget Top Komentator Berbentuk Cloud yang satu ini sudah banyak digunakan oleh kalangan blogger yang tentunya ingin memiliki komentar banyak. Sama halnya blog Deny ini juga memasang widget top komentator berbentuk cloud ini karena saya memiliki alasan tersendiri mengapa memasang widget top komentator.

Widget top komentator ini sangat berbeda dengan versi sebelumnya yaitu widget top komentator yang hanya menggunakan daftar. Penempatan daftar yang vertikal seperti itu tidak terlalu menghemat tempat, berbeda sekali dengan top komentator berbentuk cloud yang satu ini mengandalkan bentuknya memang bisa dikatakan menghemat tempat. Widget seperti ini juga memudahkan pengunjung untuk melihat dan menarik simpatinya untuk berkomentar lebih banyak lagi agar tampil di widget top komentator blog anda. Selain itu, data pada widget top komentator berbentuk cloud ini juga lebih akurat dan tidak memberatkan blog (baca: optimalkan kecepatan blog).


top komentator cloud

Selain memberikan backlink untuk pengunjung dengan widget top komentator, widget ini juga berfungsi sebagai memberikan traffic bagi pengunjung itu sendiri, dan yang paling khusus adalah memperkuat tali persaudaraan antar sesama blogger sehingga terjaring saling kunjung atau disebut pengunjung setia (baca: tips mendapatkan pengunjung setia). Anda berminat memasang widget top komentator berbentuk cloud ini di blog anda? ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Login ke akun blogger anda
2. Pergi ke menu rancangan > elemen laman
3. Klik add widget/tambah widget (sesuaikan posisinya), lalu klik HTML/JavaScript dan isikan kode berikut pada kolom yang tersedia:
<!-- Top Commentators Cloud Start -->
<div style="text-align:justify;line-height:1.2;"><script type="text/javascript">
function cCloud(feed) {
max = 0;
min = 10000;
//finding highest and lowest count
for (i=0;i<feed.count;i++)
{
ccCount = feed.value.items[i].commentcount * 1;
if (ccCount > max){
max = ccCount;
}
if (ccCount < min)
{
min = ccCount;
}}
ccCountD = "";
display = "";
for (j=0;j<feed.count;j++)
{
ccdiff = feed.value.items[j].commentcount - min;
ccFontsize = 80 + (ccdiff * 100) / (max - min) + "%";
ccUrl = "'" + feed.value.items[j].authorurl + "'";
ccCountD = "(" + feed.value.items[j].commentcount + ")";//comment count
ccName = feed.value.items[j].title + ccCountD;
ccLName = "<a style='text-decoration:none;font-size:" + ccFontsize + "' href=" + ccUrl + " target='_blank'>" + ccName + " </a>";//clickable commentator name
display = display + ccLName;
}
document.write(display);}</script>
<script src="http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?
YourBlogUrl=http://bloganda.blogspot.com
&Exclusions=Anonymous,Deny Arya Wiranata
&ShowHowMany=10
&Order=alphabet
&_callback=cCloud&_id=cfa196644e1d6159c9183548c4b5e2f5
&_render=json"
type="text/javascript"></script><br/>
<span style="font-size: 8px;">Widget by <a href="http://daw-xp.blogspot.com/2011/09/membuat-widget-top-komentator-cloud.html" title="cara membuat/memasang widget top komentator berbentuk cloud">DAW-XP</a></span></div>
<!-- Top Commentators Cloud End -->
Keterangan:
  • Hapus tulisan yang berwarna merah jika sobat tidak ingin menampilkan jumlah komentar.
  • Angka 10 adalah jumlah top komentator di blog anda.
  • Ganti http://bloganda.blogspot.com dengan url blog anda.
  • Anonymous,Deny Arya Wiranata (dua nama) adalah nama-nama yang tidak ingin ditampilkan dalam top komentator anda, anda dapat mengubahnya dengan nama anda sendiri ketika berkomentar (besar kecilnya huruf berpengaruh).
  • Alphabet adalah urutan top komentator berdasarkan abjad atau huruf, silahkan ganti dengan "frequency" jika ingin mengurutkannya berdasarkan banyaknya komentar.

Sekian dulu postingan saya hari ini mengenai cara membuat/memasang widget top komentator berbentuk cloud. Semoga setelah anda memasang widget top komentator ini blog anda semakin ramai dan banyak komentarnya. Amin, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar