Cara Menghilangkan Virus conficker

Belum selesai menghadapi virus-virus lokal yang ada, varian virus Conficker menjadi momok sudah menjadi ancaman baru bagi pengguna komputer. Virus ini mampu membuat akses pada website security dan update antivirus menjadi tertutup, membuat scheduled task sendiri dan menjadi mudah berkembang serta membuat jaringan menjadi lambat. Bahkan virus ini juga menyerang Windows Vista dan Windows 2008.
Tak semua antivirus dapat mendeteksinya dan belum satupun antivirus dapat mematahkan kekuatannya. Apa yang dapat Anda lakukan jika komputer Anda terjangkit Conficker? Simak tips dan trik pembasmian virus Conficker dari vaksinis Vaksin.com, Adi Saputra.
  1. Scan PC yang terinfeksi dengan menggunakan tools Network Monitor, seperti Wireshark, Ethersal, atau Maa Tech Security. Dengan tools ini kita bisa melihat biang dari penularan virus ini.
  2. Kemudian, scan PC yang vulnerable dengan tools analysis security seperti LanGuard Security Scanner, Microsoft Baseline Security Analyzer, dan Nessus untuk mengetahui komputer vulnerable.
  3. Lalu putuskan koneksi komputer dari jaringan lokal maupun internet.
  4. Matikan proses virus yang aktif pada services dan mendompleng “svchost.exe” dengan menggunakan Norman atau Unlocker untuk membersihkan virus.
  5. Hapus string services yang mendompleng pada svchost.exe dengan menggunakan Registry Cleaner seperti Gmer untuk menghapus file virus ini.
  6. Hapus pula string registry yang dibuat oleh virus.
  7. Hapus string virus yang aktif pada start-up menggunakan ms-config.
  8. Kemudian, bersihkan folder Temporary Internet dengan menggunakan tools cleaner, seperti Norman Malware Cleaner dan Unlocker.

0 komentar:

Poskan Komentar