Amankan Data Dari Virus

Data (dokumen)adalah barang penting,yang sebagian orang bersusah payah untuk membuat nya.Tapi jarang orang yang berfikir, untuk menjaganya.Disini ada sedikit tips yang mungkin bisa dilakukan.

   1. Gunakan Winrar ,caranya: Bila sudah ter install winrar di komputer anda,click kanan file (folder)yang mau disimpan pilih add to archive centang pada archiving options apa yang diinginkan,Contoh: create solid archive dan put recovery record agar file tidak rusak(corrupt).Bisa ditambahkan password kalau mau,pilih tab advance >set password.Dengan di-RAR data aman asal kita tidak tertipu icon(cek detail file).
   2. Me-RENAME  ektensi file.Hampir semua file punya ekstensi(biasanya 3 huruf/angka dibelakang titik)contoh:mp3,doc,rtf,dll ini digunakan untuk assosiasi file tsb,dibuka dengan applikasi apa ,contoh mp3 dengan windows media file,doc dengan Winword dst.disini kita bisa amankan data dengan menghilangkan ekstensinya .Umpama kita ngetik dengan nama file PEMBUKAAN ,bila kita simpan akan menjadi PEMBUKAAN.doc (saya sarankan save as RTF,karena kebanyakan virus local akan merubah ekstensi doc menjadi exe atau scr).Bila kita tidak ingin file kita menjadi virus,maka bila kita mesnyimpan di flashdisk, hapus extensinya menjadi PEMBUKAAN saja.Cara agar ekstensi file kelihatan Start menu>Control panel>Folder Options>View>Hilangkan centang pada Hide extensions for known file types.
   3. Buka Dokumen dengan Aplikasinya,Contohnya :kita mau buka file dokumen,kita buka Microsoft office(open office)dulu setelah terbuka, baru kita open file>pilih files of type-nya >all file,maka semua file akan terlihat ekstensinya.sudah pasti jangan dibuka file icon dokumen(word)yang extensinya exe atau scr.
   4. Copy file aslinya.Kebanyakan kita buat dokumen, kemudian kita meng-editnya langsung dengan mendoble click file tersebut.Apabila kita meng-edit dikomputer yang ada virusnya otomatis dokumen kita akan hilang(menjadi virus).untuk cara yang aman kita gunakan cara ke-1 atau ke-2 yaitu diRAR atau me-rename ekstensi file,bila kita mau mengedit kita extract atau kita copy dulu filenya kemudian kita rename dan edit.Dengan begitu jika file yang kita edit menjadi virus kita tidak kehilangan semua data

0 komentar:

Poskan Komentar